Senin, 21 April 2008

bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi mu” kata-kata dari Arai salah satu tokoh dari buku SANG PEMIMPI karya Andrea Hirata.

Inilah buku kedua dari tetralogi novel LASKAR PELANGI karya Andrea hirata.

Didalam buku ini merupakan kelanjutan dari cerita hidup tokoh utamanya yaitu ikal yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang sekolah menengah atas. Didalam novel muncul tokoh-tokoh baru yaitu jimbron dan arai. Walaupun buku ini pada awalnya menceritakan tentang kenakalan-kenakalan remaja seperti novel-novel teenlit tapi lama kelamaan kita akan terbawa kedalam cerita-cerita yang atraktif dan menghanyutkan pembacanya kedalam sebuah dunia remaja yang kompleks dan penuh akan khayalan, impian, cita-cita, dan kegilaan-kegilaan masa remaja.

Sesuai dengan judulnya didalam cerita Sang Pemimpi menceritakan tentang sekelompok anak-anak dari daerah pedalaman yang bermimpi tentang berbagai cita-cita dan keinginan yang ingin mereka dapatkan. Dengan dukungan dari guru-gurunya yang membentuk mereka menjadi seorang yang berani bermimpi dan bercita-cita akhirnya Ikal dan Jimbron berhasil mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka untuk belajar di prancis dan menginjakkan kaki di almamater universitas Sorbonne prancis.

Walaupun buku ini sedikit berat untuk pembaca karena gaya cerita Andrea sang novelis yang scientific, tetapi buku ini memlilki banyak makna yang dapat diambil oleh pembacanya termasuk bagaimana seharusnya pendidikan dan bagaimana seharusnya remaja untuk memacu dirinya sendiri untuk mendapatkan apa yang mereka impikan dan cita-citakan.

Buku ini bagi gue adalah high recommended untuk dibaca oleh para penggemar buku dan penggila baca, tapi gue juga nggak maksa lo untuk beli buku ini, bisa aja lo nyari di rumah nenek lo kali aja ada. For this book it got two thumbs up….(hahahahaha)

Tidak ada komentar: